Selasa, 17 Juli 2012

Pertanyaan-pertanyaan Lucu Tentang Geografi

Mengajar pelajaran geografi (IPS) sering kali menyenangkan, apalagi berhadapan dengan siswa-siswi yang kreatif, pertanyaan yang mereka ajukan kadang membuat kita ingin tertawa, terutama pada tingkatan SD dan SMP. sebagai guru yang baik selayaknya kita menyampaikan jawaban yang sekiranya sesuai dengan logika mereka, berikut beberapa pertanyaan yang pernah di ajuakan oleh beberapa siswa kreatif :

  1. Bagaimana kalau Bumi di bor sampai dalam apakah menembus kesebelah, misalnya di bor di Indonesia apakah tembus ke benua Amerika? Logika berpikir sederhana yang masuk akal  dari anak-anak, saya pikir orang-orang jaman dulu juga pernah mengalami pikiran seperti ini sebelum ilmu tentang lapisan-lapisan bumi diketahui, tetapi pertanyaan ini membuat kita mempunyai kesempatan untuk mempaparkan lapisan-lapisan penyusun bumi harus diterangkan dengan jelas

  2.  Apakah menjemur pakaian diatas gunung akan lebih cepat kering? Gunung lebih dekat dengan matahari jadi lelih panas. ketika ditanyakan pernahkah kalian ke pegunungan? lalu bagaimana suhu udara disana, murid-murid serempak menyawab " lebih dingin bu..." nah lho...gimana? semua bingung!!!, tentunya jawabannya berhubungan dengan Amplitudo, tekanan Atmosfer, temperatur dll, nah....masalahnya bagaimana mengalihbahasakannya ke siswa-siswi yang usianya masih SD? ada yang punya pengalaman? tolong share disini.

  3. Mengapa Bumi berputar dan bisakah suatu saat bumi akan berhenti berputar?. Hayo...ada yang bisa jawab langsung nggak...saya yakin anda langsung menjawab dengan benar, jurus pertama anda pasti mengeluarkan beberapa teori-teori pembentukkan alam semessta sampai teori pembuktian efek coriolis dan dll. dan jawaban sesuai dengan logika anak-anak kira-kira apa, silakan cari sendiri dan share disini.

  4.  Bisakah Matahari, Bumi dan Bulan bertabrakan?

  5. Dimana akhir angin berhembus?

  6. Mengapa langit berwarna biru dan kadang merah waktu petang hari?

  7. Kenapa tidak setiap malam bulan selalu ada? 

  8. dll

Banyak lagi pertanyaan-pertanyaan anak-anak menyikapi alam sekitarnya, kadang orang tua dirumah tidak punya bekal menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, dan tidak ada tempat lain lagi selain sekolah tempat bertanya. sebagai guru sepantasnyalah tetap mengupdate pengetahuan seiring perkembangan derasnya arus informasi dan komunikasi, murid dengan mudah mendapatkan ide untuk bertanya dari dia mengakses pengetahuan di internet, dan media lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar